Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

buku matematika kelas 7 kurtilas
Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematikasiswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dariitu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuanpendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International StudentAssessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yangsecara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikanmatematika di beberapa negara.

Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskanpembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil pembandingan antara yang kitaajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan adanyaperbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaan ini menjadi dasardalam merumuskan pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013.

Buku Guru Matematika Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis denganberdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standarinternasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VIItelah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya,perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematikaangka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuanbukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapanmelalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika.

Kompetensi keterampilan berpikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalahyang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalahmelalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.

Setiap awal bab pada buku ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi ilustrasi dandeskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi bab yang bersangkutan.Selain itu, di awal bab juga disajikan Kompetensi dasar, indikator dan PengalamanBelajar yang akan kalian capai dalam setiap bab. Kata-kata kunci merupakaninti dari materi. Bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya sebelum kalianmempelajari isi materi.

Pada buku Guru ini terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaituPetunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada Petunjuk Umum disajikan tentangkonsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaranmatematik, petunjuk membelajarkan kegiatan saintifik, dan pedoman penilai.

Pada Petunjuk Khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan membelajarkan dalampendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, danmengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati,Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo KitaMencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakanjuga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiapbabnya dan Uji Kompetensi Semester. Buku Guru ini menjabarkan usaha minimalyang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yangdiharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013,Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersediadan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkandan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku Guruini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatanlain yang sesuai dan relevan yang besumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Guru ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertamadan kedua. Buku Guru ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikanuntuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembacamemberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan padaedisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudahmudahankita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikandalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Setelah mempelajari materi pada buku ini, siswa diharapkan memahami materiyang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan pada buku ini disampaikansecara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, bukuini juga memiliki tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan.Akhir kata penulis ucapkan, semoga buku ini bermanfaat dan dapat digunakanuntuk pendamping belajar sebaik-baiknya.

Download Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini silahkan unduh pada link di bawah ini:

Download File:


Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Buku Guru dan Siswa Mapel Matematika Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments