Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013

Standar Isi Pendidikan Akidah Akhlak di MTs

Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi peserta didik yang harus dipenuhi atau dicapai pada suatu satuan pendidikan dalam jenjang dan jenis pendidikan tertentu dirumuskan dalam Standar Isi untuk setiap mata pelajaran.

Standar Isi disesuaikan dengan substansi tujuan pendidikan nasional dalam domain sikap spritual dan sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, Standar Isi dikembangkan untuk menentukan kriteria ruang lingkup dan tingkat kompetensi yang sesuai dengan kompetensi lulusan yang dirumuskan pada Standar Kompetensi Lulusan, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Karakteristik, kesesuaian, kecukupan, keluasan dan kedalaman materi ditentukan sesuai dengan karakteristik kompetensi beserta proses pemerolehan kompetensi tersebut. Ketiga kompetensi tersebut memiliki proses pemerolehan yang berbeda. Sikap dibentuk melalui aktivitas-aktivitas: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan dimiliki melalui aktivitas-aktivitas: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas-aktivitas: mengamati, menanya, mencoba,menalar, menyaji, dan mencipta. Karakteristik kompetensi beserta perbedaan proses perolehannya mempengaruhi Standar Isi.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:

  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.
  2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

Ruang Lingkup Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
  • Aspek akidah terdiri dari; dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma’ al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qadha-Qadar.
  • Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, tha’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabr, syukr, qanaa’ah, tawaadhu’, husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja yang sehat.
  • Aspek akhlak tercela meliputi kufr, syirk, riya’, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadhab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghiibah, fitnah, dan namiimah.
  • Aspek adab meliputi: Adab beribadah seperti adab shalat, membaca al-Qur’an, berdoa, adab kepada kepada orang tua dan guru, adab kepada kepada, saudara, teman, dan tetangga, adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.
  • Aspek kisah teladan meliputi: Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub, Kisah Sahabat: Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.
Untuk lebih jelasnya dan barangkali ada rekan-rekan guru yang memerlukan Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 ini bisa diunduh melalui tautan berikut ini.

Download Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 :
Demikian informasi mengenai Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak  Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat....
soal uts agama kelas 1,soal uts agama,soal uts agama kelas 4,soal uts kelas 5 agama,soal uts agama kelas 7,soal uts agama kelas 2,soal uts agama kelas 6,soal uts agama islam kelas 5,soal uts agama islam kelas 4,soal uts agama kelas 8,soal uts agama islam kelas 7,soal uts agama kelas 3,soal uts agama islam kelas 1,soal uts agama kelas 10,soal uts bahasa inggris kelas 7,soal uts character building bsi,soal uts character building,soal uts character building semester 2 bsi,soal uts character building bsi semester 3,soal uts character building semester 3,soal uts.com,soal pts by nurdiono.com,contoh soal pts,contoh soal pts kelas 7,contoh soal uts kelas 8,contoh soal uts bahasa indonesia,contoh soal pts kelas 6,contoh soal pts kelas 10,contoh soal uts matematika,contoh soal pts kelas 9,contoh soal uts bahasa inggris,contoh soal uts kelas 5,contoh soal uts kelas 1,contoh soal uts ipa,contoh soal uts matematika kelas 7,soal uts sd,soal uts sd kelas 3 semester 2,soal uts sd kelas 1,soal uts sd kelas 2 semester 2,soal uts sd kelas 1 semester 2,soal uts sd kelas 5 semester 2,soal uts sd kelas 4 semester 2,soal uts sd kelas 6 semester 2,soal uts sd semester 2,soal uts sd kelas 2,soal uts sd kelas 1 tema 6,soal uts sd kelas 4,soal uts sd kelas 3,soal uts sd kelas 1 tema 5,soal uts desain grafis,soal uts dan jawabannya,soal uts dasar desain grafis,soal uts simulasi digital,soal uts pemrograman dasar,soal uts teks deskripsi,soal uts ekonomi mikro,soal uts ekonomi kelas 12

Post a Comment

0 Comments